Cara Menggunakan Perintah Hatch dalam Autocad 2014

Hai sobat.
Hatch ini digunakan untuk mengarsir gambar. kamu bisa menemukan tool ini di toolbar Home


cara penggunaannya cukup mudah
0. Sebelumnya saya membuat sebuah persegi dengan dimensi 1000 x 1000 mm
1. klik tool hatch, 
2. Lalu akan muncul kotak dialoge home seperti ini


3. saya mengisi arsirannya dengan AR-CON pada katagori pattern, lalu di properties saya ubah warnanya menjadi abu abu dan skalanya menjadi 20.


4. setelah di atur klik persegi tersebut dan hasilnya seperti ini



Arsiran ini dapat juga di lakukan menggunakan pola solid baik yang bertransparansi maupun yang bergradasi, caranya sebagai berikut:

A. HACTH  SOLID TRANSPARAN.

0.Sebelunya saya memiliki gambar seperti berikut.



1. Klik tool hacth. 
2. atur pattern di SOLID . dan properties,.menggunakan warna hijau  dengan trasnparasi 70.


3. lalu klik objeknya kembali maka hasilnya sebagai berikut.


A. HACTH  SOLID GRADASI.
0. saya membuat gambar sebagai berikut:


1. Klik Tool Hacth.
2. Lalu Pilih Pattern Gradasi yang di inginkan saya memilih Pola GR_SPRE di properties saya memilih warna hijau sebagai warna pertama dan warna kuning sebagai warna kedua. 


3. setelah itu klik gambar yang kita punya. hasilnya sebagai berikut,



oh iya teman teman,
kolam pertama pada Hactch reation ini, ada pilihan pick point, select dan remove. Pick point dan select fungsinya untuk mengisi arsiran, bedanya pick point kita mengelik nya dalam gambar objek sedangkan select pada garis objek. keduanya akan berhasil membuat arsiran jika objeknya berupa bidang yang tertutup ( garis garisnya saling ketemu)
sedangkan remove, digunakan untuk menghapus arsiran yang sudah kita buat.


Sekian dulu ya teman teman 

semoga bermanfaat

Komentar

Postingan Populer